Perancangan Media Promosi Museum Juang Taruna Tangerang
Main Author: | Fajar Mustaqim, Bayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10207/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10207/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10207/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10207/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10207/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10207/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10207/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10207/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10207/ |
Daftar Isi:
- Museum Juang Taruna Tangerang adalah satu-satunya museum yang menceritakan sejarah pahlawan tentang pertempuran Lengkong di Kota Tangerang yang diresmikan pada tahun 2015. Sebagai satu-satunya museum yang menceritakan sejarah kepahlawanan Kota Tangerang, namun masih kurang dikenal oleh masyarakat Kota Tangerang sendiri terutama pelajar yang merupakan penerus bangsa. Kurangnya media promosi yang dilakukan museum menjadi alasan kurang terkenalnya Museum Juang Taruna Tangerang di kalangan masyarakat Tangerang terutama pelajar sekolah di Tangerang. Metode pencarian data untuk penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada pihak museum dan guru sekolah dasar, melakukan observasi museum, penyebaran kuesioner kepada siswa-siswa sekolah dasar, studi eksisting promosi yang dilakukan oleh museum lain. Dari hasil penelitian, penulis membuat solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan perancangan media promosi untuk Museum Juang Taruna Tangerang, dimulai dari perancangan, penyebaran, dan penggunaan media yang diterapkan sesuai dengan target yang dituju, sehingga diharapkan media promosi yang dibuat dapat menginformasikan dan mempromosikan keberadaan museum kepada masyarakat Kota Tangerang dan membuat Museum Juang Taruna Tangerang bisa menjadi objek wisata edukasi andalan di kota Tangerang.