Analisis Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value terhadap in-App Purchase Intention melalui Social Norms serta Social Identification, Attitude, Stickiness, dan Satisfaction terhadap in-App Purchase Intention Telaah pada Layanan VIP Sing! Karaoke by Smule

Main Author: Amalia Syailendra, Nadira
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10175/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10175/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10175/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10175/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10175/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10175/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10175/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10175/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10175/
Daftar Isi:
  • Era digital saat ini telah mempengaruhi perkembangan teknologi, khususnya pada internet dan smartphone. Penggunaan internet dan smartphone yang semakin meningkat telah memudahkan pengguna dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya jenis layanan hiburan yang disediakan secara online dan dapat digunakan dengan menggunakan aplikasi. Melihat dari kebuuthan pengguna yang semakin meningkat, maka layanan in-app purchase semakin banyak ditawarkan oleh pihak pengembang. Dengan menawarkan fitur-fitur yang tidak dapat diakses oleh pengguna gratis, layanan berbayar di dalam aplikasi menjadi tren dan telah banyak pengguna yang memiliki niat untuk melakukan pembelian tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi layanan In-App Purchase Intention dalam Sing! Karaoke by Smule, yang mencakup Hedonic Value, Utilitarian Value, Social Norms, Social Identification, Attitude. Satisfaction, dan Stickiness. Model dalam penelitian ini dilihat secara teoritis disampaikan dengan 13 hipotesis yang akan di uji menggunakan Structural Equation Model. Data pada penelitian ini berjumlah 201 responden, dimana responden mengetahui aplikasi Sing! Karaoke by Smule dan belum pernah menggunakan layanan VIP dalam aplikasi Smule. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara Hedonic Value dengan Attitude, Hedonic Value dengan Satisfaction, Utilitarian Value dengan Attitude, Utilitarian Value dengan Satisfaction, Social Norms dengan Stickiness, Social Identification dengan Intention to Purchase, Attitude dengan Stickiness, Attitude dengan Intention to Purchase, Satisfaction dengan Stickiness, dan Stickiness dengan Intention to Purchase. Terdapat juga hubungan negatif antara Social Norm serta Satisfaction dengan Intention to Purhcase.