Perancangan Promosi Museum Kereta Api Ambarawa
Main Author: | Florentia Iskandar, Angelina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10161/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10161/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10161/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10161/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10161/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10161/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10161/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10161/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10161/ |
Daftar Isi:
- Museum Kereta Api Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Museum Kereta Api Ambarawa merupakan museum kereta api terbesar di Asia Tenggara. Awalnya Museum Kereta Api Ambarawa merupakan stasiun kereta api yang didirikan oleh Belanda untuk keperluan militer pada masa kolonialisme. Selain memiliki nilai sejarah sebagai peninggalan kolonialisme Belanda, koleksi kereta, lokomotif, dan rel di Museum Kereta Api Ambarawa juga termasuk langka di dunia. Saat ini Museum Kereta Api Ambarawa sudah masuk ke dalam salah satu cagar budaya Tingkat Nasional. Meskipun memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata, pada kenyataannya hingga saat ini Museum Kereta Api Ambarawa belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu penting untuk merancangan promosi Museum Kereta Api Ambarawa supaya potensi yang dimiliki Museum Kereta Api Ambarawa tidak terabaikan begitu saja. Melalui perancangan Tugas Akhir ini, perancangan akan dibuat mulai dari perancangan strategi promosi Museum Kereta Api Ambarawa hingga penerapannya pada berbagai media. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan adalah dengan metode campuran, yaitu melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan studi eksisting untuk memperoleh data yang akurat.