Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi sangat cepat dari tahun ke tahun, sehingga muncul beberapa terobosan baru yang dapat mempermudah kerja manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari ataupun kegiatan bisnis. Salah satu teknologi yang sedang berkembang sekarang adalah sistem chatbot. Chatbot sudah banyak membantu orang-orang di bidang bisnis, salah satunya yaitu online shop. Ketika Online shop sudah berjalan cukup lama, muncul suatu permasalahan dalam menjawab seluruh pertanyaan dari pelanggan. Pemilik online shop mulai kesulitan dalam mengetik jawaban yang berulang-ulang untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Jadi, adanya sistem chatbot akan sangat membantu pemilik online shop dalam menjawab pertanyaan yang di tanyakan oleh calon pelanggan yang berulang- ulang. Berdasarkan hal tersebut, dibuatlah skripsi dengan judul "Implementasi Chatbot Kata.ai untuk Online Shop Plum pada Platform LINE". Sistem ini dikembangkan dengan metode RAD (Rapid Application Development). Tahap yang dilakukan adalah mengambil beberapa percakapan random dari pelanggan online shop, menganalisis kebutuhan dari online shop, merancang beberapa proses bisnis sistem, mengimplementasi sistem chatbot Kata.ai pada Platform LINE, dan melakukan testing kepada pelanggan online shop. Hasil yang didapatkan dari pengujian sistem chatbot dengan memberikan UAT kepada pelanggan adalah sistem chatbot ini dapat bekerja dengan baik salah satunya dalam membaca input maupun memberi respons kepada pengguna. Kesimpulannya adalah nantinya pemilik online shop plum tidak akan kesulitan lagi dalam mengetik jawaban berulang-ulang untuk menjawab pertanyaan calon pelanggan, karena semua chat akan otomatis dibalas oleh bot.