Perancangan Ulang Marlupi Dance Academy melalui Identitas Visual
Main Author: | Magdalena Ayuningtias, Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10081/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10081/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10081/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10081/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10081/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10081/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10081/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10081/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10081/ |
Daftar Isi:
- Marlupi Dance Academy adalah sekolah balet dan tari yang telah berdiri sejak tahun 1956. Marlupi Dance Academy atau yang disingkat MDA, didirikan oleh Marlupi Sijangga pertama kali sebagai sekolah balet. Kini, MDA memiliki kelas balet dan modern dance yang meliputi tari jazz, hip hop dan kontemporer, dengan metode pengajaran internasional. MDA berkembang pesat hingga memiliki 41 cabang di Indonesia, dengan lebih dari 3500 murid. Namun, hingga kini MDA hanya dikenal masyarakat sebagai sekolah balet saja. Masyarakat kurang mengetahui bahwa MDA memiliki kelas tari lain selain balet. Penelitian dalam Tugas Akhir ini menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan dengan teknik wawancara, focus group discussion serta studi eksisting. Perancangan yang dilakukan menggunakan metode perancangan branding oleh Alina Wheeler dalam bukunya yaitu Designing Brand Identity edisi ketiga. Perancangan Tugas Akhir ini dibuat untuk merancang kembali identitas visual MDA, untuk merepresentasikan MDA sebagai sekolah balet dan tari. Tentunya, identitas visual yang dirancang harus kuat, konsisten dan unik untuk dapat bersaing dengan kompetitor luas. Dalam perancangan ini, identitas visual yang akan dibuat berupa logo, dengan hasil akhir yaitu graphic standard manual (GSM).