Perancangan Board Game "Perang Saga" tentang Permainan Biji Saga yang Berasal dari Bangka
Main Author: | Flavescensa Aprilia, Eria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10075/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10075/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10075/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10075/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10075/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10075/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10075/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10075/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10075/ |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sangat banyak permainan tradisional pada setiap daerahnya. Akan tetapi, semakin lama permainan tradisional tersebut menjadi semakin hilang dikarenakan banyak anak-anak yang lebih tertarik memainkan permainan yang lebih modern. Dengan punahnya permainan tradisional yang biasanya dimainkan oleh anak-anak, maka manfaat yang bisa didapat dari permainan tradisional juga akan akan menghilang. Melalui Tugas Akhir ini, saya ingin merancang sebuah board game yang dapat melestarikan dan memperkenalkan salah satu permainan tradisional yaitu permainan biji saga. Pada awal perancangan board game ini penulis makukan penelitian dengan 2 metode. Metode pertama adalah kuantitatif yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dan metode kedua adalah dengan metode kualitatif yang dilakukan dengan wawancara, FGD dan studi referensi. Hasil akhir dari tugas akhir ini ini adalah board game yang memiliki mekanisme dari permainan traditional biji saga. Kesimpulan yang didapat dari perancangan ini adalah untuk merancang sebuah board game memerlukan proses yang panjang dan memerlukan banyak testplay.