IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL-HILAAL TEHORU (Studi Kasus Pada Rekrutmen, Seleksi, Penempatan)
Main Author: | Holle, Muhammad Ali |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Makassar (UIM), Indonesia
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/455 http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/455/pdf_1 |
Daftar Isi:
- Implementasi manajemen sumber daya manusia bagi tenaga pendidik merupakan salah peran yang sangat penting. sumber daya manusia pendidik yang profesional akan menghasilkan kualitas dan pembelajaran dan pendidikan. Namun salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam implementasi manajemen bagi tenaga pendidik adalah apabila tidak menggunakan sistem dan tata kelola manajemen yang baik. hal tersebut biasanya terjadi karena kurangnya perhatian serius dari pihak-pihak terkait seperti yayasan dan kepala sekalah atau stake holders lainnya yang memiliki tanggung jawab dan peran penting dalam pengembangan mutu lembaga pendidikan.Permasalahan yang terjadi di MA Al-Hilaal Tehoru yaitu tidak ada informasi penerimaan secara luas, tidak diberlakukan sistem seleksi baik seleksi administarasi mapun tes akademik, namun penempatan guru suda maksimal berdasarkan latar belakang pendidikan akademisnya, namun ada hal lain yang sangat penting untuk ditelusuri terkait struktural dari yayasan Al-Hilaal Tehoru karena pada umumnya tidak ada keterlibatan apapun secara administrasi dan organisasi dengan sekolah yang dinaunginya.Yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah Implementasi penerimaan, seleksi dan penempatan bagi tenaga pendidik di MA Al-Hilaal Tehoru kecamatan tehoru kabupaten maluku tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskrptif, pendekatan kualitatif, sumber data adalah data primer, dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah melalui pedoman wawancara, lembar Observasi dan cacatan Dokumentasi.Berdasarkan temuan dari hasil penelitian ini adalah; a) Implementasi manajemen penerimaan dilakukan untuk tenaga pendidik namun informasi penerimaan tidak melalui metode publikasi secara luas sehingga pelamar lansung bertemu lansung dengan kepala sekolah di ruang kantor. b) proses seleksi dilaksanakan oleh pihak sekolah namun konsep prosedurnya tidak dilakukan secara terpadau karena bagi calon tenaga pendidik yang melamar suda dianggap memiliki kualifikasi akademik dan dipandang memiliki latar belakang sarjana pendidikan sehingga telah dianggap mampu. c) penempatan telah dilakukan berdasarkan rapat dengan kepala sekolah, sehingga semua tenaga pendidik ditempatkan sesuai keilmuan dan keahliannya serta pihak sekolah melibatkan pendidik dari sekolah lain jika posisi mata pelajaran tersebut tidak ada pendidik yang mengampunya.