PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Main Author: | Badwi, Ahmad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Makassar (UIM), Indonesia
, 2019
|
Online Access: |
http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/233 http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/233/pdf |
Daftar Isi:
- Motive is something that resides in the individual who encourages to do something to achieve a goal or impulse that makes someone do an activity that has a specific purpose. While learning achievement is the result achieved by someone after making learning changes, both at school and outside of school. Generating motivation in several ways, namely; understanding benefits, setting goals, creating a comfortable atmosphere, getting advice or suggestions from others in learning, getting positive suggestions from others, accepting motivation from the right motivator, avoiding things that can weaken motivation, strengthening self-suggestion, completing various facilities needed to support learning activities, and instilling awareness that learning is an activity that can be classified as worship. Motivation and learning are two things that influence each other. Learning is a change in behavior that is relatively permanent and potentially occurs as a result of reinforcement based on the goal of achieving certain goals. While motivation is one of the important factors that influence learning and learning achievement. So that the higher the motivation you have, the more active your motivation will be and the learning frequency will increase.Motif merupakan sesuatu tenaga yang berada pada diri individu yang mendorong untuk berbuat mencapai suatu tujuan atau dorongan jiwa yang membuat seseorang melakukan suatu kegiatan yang memiliki tujuan tertentu. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan perubahan belajar, baik di sekolah maupun diluar sekolah. Membangkitkan motivasi dengan beberapa cara yakni; memahami manfaat, menetapkan tujuan, menciptakan suasana yang nyaman, mendapatkan nasehat atau saran dari orang lain dalam belajar, mendapatkan sugesti positif dari orang lain, menerima pembangkitan motivasi dari motivator yang tepat, menghindari hal-hal yang bisa melemahkan motivasi, memperkuat self sugesti, melengkapi berbagai fasilitas yang diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar, dan menanamkan kesadaran bahwa belajar merupakan kegiatan yang bisa digolongkan sebagai ibadah. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Belajar merupakan perubahan tingkah laku yang relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari penguatan yang dilandasi tujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Sementara motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar dan prestasi belajar. Sehingga semakin tinggi motivasi yang dimiliki maka akan mendorong lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat.