HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSI PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK YAYASAN WANITA KERETA API MOJOKERTO

Main Authors: Dewi, SKep,Ns., M.Kes, Erika Untari, Sinambela, Novelya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: S1 Keperawatan , 2014
Online Access: http://ejournal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/S1Kep/article/view/52
http://ejournal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/S1Kep/article/view/52/51
Daftar Isi:
  • Pemberian stimulasi psikososial sangat penting dilakukan orang tua untuk penggembangan sosial-emosi anak, sayangnya banyak orang tua yang harus membagi waktunya untuk melakukan memenuhi kebutuhan hidup. Kondisi ini membuat orang tua tidak optimal dalam pemberian stimulasi psikososial. Sehingga perkembangan sosial-emosi anak menyimpang seperti tidak percaya diri, pesimis, takut salah dan tidak mempunyai inisiatif. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stimulasi psikososial terhadap perkembangan sosial-emosi pada anak prasekolah di TK Yayasan Wanita Kereta Api Mojokerto. Disain penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasinya semua orang tua yang memiliki anak prasekolah sebanyak 44 responden. Dengan jumlah sampel pada penelitian ini 41 responden dan teknik sampling yang digunakan simple random sampling. Variabel independen pada penelitian ini yaitu stimulasi psikososial dan variabel dependen yaitu Perkembangan soail-emosi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisa dan hasil penelitian didapatkan stimulasi psikososial cukup dengan prosentase 78,1% dan perkembangan sosial-emosi baik dengan prosentase 70,7%. Penelitian ini menggunakan uji stastistik dengan uji regresi ordinal hasil yang diperoleh nilai p