Pengaruh Penerapan Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII Di MTs Negeri 5 Maluku Tengah

Main Author: Pattiiha, Saripa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/980/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/980/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/980/
Daftar Isi:
  • Matematika memiliki berbagai cabang ilmu, salah satunya adalah Geometri. Cabang ilmu ini dipelajari semenjak Sekolah Dasar. Salah satu materi geometri yang dipelajari pada jenjang SMP adalah kubus dan balok. Materi kubus dan balok banyak mempelajari tentang objek-objek berupa benda konkret dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa mudah mempelajarinya. Tetapi banyak bukti yang menyatakan bahwa kemampuan pemahaman siswa pada materi kubus dan balok masih rendah. Hal ini juga terlihat dari hasil observasi awal yang dilakukan di MTs Negeri 5 Maluku Tengah, dapat ketahui bahwa kemampuan pemahaman siswa pada materi kubus dan balok masih sangat rendah. Hal ini terjadi karena siswa masih merasa kesulitan dalam mempelajari materi kubus dan balok. Salah satu teori yang dapat diterapkan untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah teori Van Hiele, dalam teori ini terdapat beberapa langkah pembelajaran yang harus diterapkan guna meningkatkan kemampuan berfikir siswa pada materi kubus dan balok. Dalam hal tersebut, maka peneliti menerapkan teori Van Hiele guna meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besarnya pengaruh teori Van Hiele terhadap kemampuan pemahaman siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Maluku Tengah yang berjumlah 44 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes, lembar angket dan lembar observasi. Teknik analisis data terdiri atas, analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh teori Van Hiele terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII di MTs Negeri 5 Maluku Tengah yang dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji-t dimana thitung = 2,851 yang dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5%, diperoleh ttabel = 1,714 sehingga, thitung ≥ ttabel, sedangkan besar pengaruh teori Van Hiele terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII di MTs Negeri 5 Maluku Tengah berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 82,83% .