Profesionalisme Guru Dalam Memilih Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih di Sekolah MTsT Al-Anshor Ambon
Main Author: | Yusuf, Nilam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/973/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf http://repository.iainambon.ac.id/973/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/973/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana Profesionalisme Guru Dalam Memilih Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Sekolah MTs.T.Al-Ansor Ambon?(2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Profesionalisme Guru Dalam Memilih Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Sekolah MTs.T.Al-Ansor Ambon? (3) Apa saja solusi dari faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs.T. Al-Anshor Ambon?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan tekhnik tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa, (1) Profesionalisme dari seorang Guru dalam memilih strategi pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan cara menggunakan strategi dan metode dalam proses belajar mengajar, metode tersebut antara lain, strategi pembelajaran langsung yang biasa dikenal dengan strategi ekspositori, strategi tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembealajaran melalui pengalaman, strategi pembelajaran mandiri, strategi Pembelajaran inkuiri (SPI), strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM), strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB), strategi pembelajaran kooperatif (SPK), strategi pembelajaran kontekstual (CTL), dan strategi pembelajaran efektif. (2) Faktor pendukung dan penghambat profesionalisme guru dalam memilih strategi pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu faktor murid atau anak itu sendiri dalam arti dimana tiap anak memiliki kondisi yang berbeda-dalam kondisi fisiologis dan kondisi psikologis, faktor lingkungan dan faktor instrument alat pembelajaran yang terdiri dari kurikulum, program/bahan, sarana dan fasilitas.(3) Solusi dari faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah guru harus memberikan motivasi sebelum memulai pembelajaran, memberikan nilai, dan selalu memberikan hadiah kepada peserta didik dari hasil permasalahan jawaban yang hendak dicapai.