Penerapan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Leihitu Kab. Maluku Tengah

Main Author: Kaliki, Munira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/815/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/815/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/815/
Daftar Isi:
  • Secara etimologi Think-Talk-Write dalam kamus John. Echol, Think diartikan sebagai "berfikir", Talk diartikan sebagai "berbicara ", sedangkan Write diartikan sebagai "menulis". Jadi Think-Talk-Write bisa diartikan sebagai berfikir, berbicara, dan menulis. Sementara strategi Think-Talk-Write adalah sebuah pembelajaran yang dimulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternative solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan melalui proses diskusi, dan kemudian menuliskan hasil diskusi tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi TTW (Think-Talk-Write) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi peluang siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Leihitu Kab. Maluku Tengah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan strategi TTW (Think-Talk-Write) sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi peluang siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Leihitu Kah. Maluk:u Tengah . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang mana dalam satu siklus ada empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. siklus I sebesar 55% menjadi 80% dan dan rata-rata nilai tes sebesar 71,6.