Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Ambon
Main Author: | Djamiri, Amalia Temarwut |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/795/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/795/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/795/ |
Daftar Isi:
- Pemahaman adalah kemampuan seseorang untuk memaknai suatu konsep setelah konsep itu diketahui dan diingat dan dapat dijelaskan dengan kata - kata sendiri. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematika siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar pada kelas VII SMP Negeri 2 Ambon. Tipe dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang memusatkan pada masalah - masalah aktual yang ditemukan saat penelitian berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ambon kelas VII2 dan VII3 selama I bulan dari tanggal 01 Oktober sampai 01 November 2018. Dari 49 siswa calon subjek terpilih 2 orang siswa yang diambil berdasarkan basil tes yang diberikan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Dalam penelitian ini, di analisis kemampuan pemahaman matematika siswa yaitu dengan menggunakan think aloud dengan materi operasi bentuk aljabar. Pada penelitian ini indikator kemampuan pemahaman matematika yang digunakan adalah menafsirkan, menjelaskan dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, kemampuan pemahaman matematika siswa terlihat siswa mampu dalam menyelesaikan soal cerita operasi bentuk aljabar dilihat dari indikator yang digunakan yaitu; menafsirkan, menjelaskan dan menyimpulkan. Siswa mampu menafsirkan dilihat dari siswa dapat menerjemahkan yang diketahui kedalam kalimat matematika sehingga memperoleh persamaan. Siswa menjelaskan dengan menyelesaikan persamaan matematika sesuai masalah yang dikemukakan. Siswa menyimpulkan dengan menarik kesimpulan dari proses menjelaskan dan menarik kesimpulan terakhir dari basil pekerjaan sesuai dengan yang ditanyakan. Dari sini dapat dilihat siswa memenuhi indikator kemampuan pemaharnan matematika.