Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP Negeri 14 Seram Bagian Barat

Main Author: Dusalam, Satri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/779/1/BAB%201%2C3%2C5.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/779/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/779/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII Smp Negeri 14 Seram Bagian Barat. Tipe penelitianini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Pre-Experimental Design desain penelitianini yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 orang siswa yang dilakukan sejak tanggal 27 Maret 2019 sampai dengan 27 April 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 14 Seram Bagian Barat adalah 7,630. Sehingga pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datardi kelas VII SMP Negeri 14 Seram Bagian Barat, sedangkan besar pengaruh adalah adalah sebesar 77,75 diperoleh dari post test dari jumlah sampel sebanyak 24 orang dan berkategori sedang lainnya dipengaruhi oleh faktor lain, seperti disiplin belajar atau motivasni belajar siswa yang baik, minat belajar siswa, atau bisa juga dari kesadaran siswa akan pentingnya pendidikan matematika dalam hal ini terkait dengan materi bangun datar.