Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Kubus Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu

Main Author: Umi, Wa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/765/1/BAB%201%2C3%2C5.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/765/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/765/
ctrlnum 765
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/765/</relation><title>Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Kubus Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu</title><creator>Umi, Wa</creator><subject>Pendidikan Matematika</subject><description>Model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah salah satu tipe pembelajaran dengan menempatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 4 sampai 6 siswa untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Setiap siswa mempunyai kemampuan pemahaman konsep matematika yang berbeda, ada yang tinggi, sedang dan rendah. &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi kubus siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu. Tipe penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpukan data yang digunakan soal tes dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu. Yaitu pada tanggal 01 Februari 2020 sampai dengan tanggal 15 Februari 2020 dengan jumlas siswa sebanyak 16 siswa.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi kubus siswa kels VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada tes awal hanya 4 siswa yang dinyatakan tuntas (25%) dan sisanya 12 siswa yang belum tuntas (75%) data tersebut menunjukan bahwa hasil belajar belum tuntas, oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan tindakan kelas, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada siklus I siswa yang Tidak Tuntas sebanyak 7 siswa atau 43,75% sedangkan 9 siswa atau 56,25% Tuntas, hasil tersebut masih kurang 70% sehingga perlu untuk dilanjutkan pada siklus II, setelah dilakukan hasil evaluasi yang dilaksanakan pada siklus II, diketahui sebanyak 12 siswa atau sebesar 75% dinyatakan Tuntas yang mencapai kategori kemampuan pemahaman konsep matematis, dan 4 siswa atau 25% dinyatakan Tidak Tuntas. Jadi hasil belajar siswa dijumlahkan telah memperoleh skor &#x2265; 66 secara individual dan skor 70% secara klasikal, mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 56,25% dan siklus II sebesar 75%.</description><date>2020-11-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/765/1/BAB%201%2C3%2C5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/765/2/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Umi, Wa (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Kubus Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>765</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Umi, Wa
title Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Kubus Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu
publishDate 2020
topic Pendidikan Matematika
url http://repository.iainambon.ac.id/765/1/BAB%201%2C3%2C5.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/765/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/765/
contents Model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah salah satu tipe pembelajaran dengan menempatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 4 sampai 6 siswa untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Setiap siswa mempunyai kemampuan pemahaman konsep matematika yang berbeda, ada yang tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi kubus siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu. Tipe penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpukan data yang digunakan soal tes dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu. Yaitu pada tanggal 01 Februari 2020 sampai dengan tanggal 15 Februari 2020 dengan jumlas siswa sebanyak 16 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi kubus siswa kels VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada tes awal hanya 4 siswa yang dinyatakan tuntas (25%) dan sisanya 12 siswa yang belum tuntas (75%) data tersebut menunjukan bahwa hasil belajar belum tuntas, oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan tindakan kelas, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada siklus I siswa yang Tidak Tuntas sebanyak 7 siswa atau 43,75% sedangkan 9 siswa atau 56,25% Tuntas, hasil tersebut masih kurang 70% sehingga perlu untuk dilanjutkan pada siklus II, setelah dilakukan hasil evaluasi yang dilaksanakan pada siklus II, diketahui sebanyak 12 siswa atau sebesar 75% dinyatakan Tuntas yang mencapai kategori kemampuan pemahaman konsep matematis, dan 4 siswa atau 25% dinyatakan Tidak Tuntas. Jadi hasil belajar siswa dijumlahkan telah memperoleh skor ≥ 66 secara individual dan skor 70% secara klasikal, mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 56,25% dan siklus II sebesar 75%.
id IOS6948.765
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2019-12-17T06:28:15Z
last_indexed 2022-11-05T12:43:45Z
recordtype dc
_version_ 1748660900971151360
score 17.538404