Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Kela VI SD Inpres 26 Ambon
Main Author: | Sulemena, Elvira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/763/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/763/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/763/ |
Daftar Isi:
- Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua Siklus. Sabjek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Inpres 26 Ambon yang berjumlah 24 siswa yang terdiridari 13 siswa putra I I siswa putri. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data Kualitatif dan analisis data Kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Inpres 26 Ambon Pada Mamateri Bangun Datar Persegi Panjang dan Persegi. Berdasarkan hasil penelitian, pada Tes Awai persentasi siswa yang mencapai standar ketuntasan adalah 12,5% (3 siswa), setelah peniliti menerapkan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasisi Teori Bruner, pada siklus I persentase siswa yang mencapai standar ketuntasan adalah 70,82% (17 siswa), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 99,99% (24 siswa). Masalah yang dialami siswa pada bangun datar adalah siswa masi malu-malu dalam berdiskusi maupun mengeluarkan pendapatnya sehingga materi yang didiskusikan kurang di pahami oleh siswa. Usaha yang di lakukan oleh peneliti untuk mengatasi masalah ini adalah dengan lebih memberi penguatan dan motivasi tentang pentingnya kerjasama dan kekompakan dalam mendiskusikan materi.