Pengaruh Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pythagoras Kelas VIII Mts Muhammadiyah Amaholu Kec. Huamual Kab. Seram Bagian Barat

Main Author: Umasugi, Kardin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/734/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/734/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/734/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini hertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pythagoras Kelas VIII MTs Muhammadiyah Amaholu Kec. Huamual Kab. Seram Bagian Barat Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Besar Pengaruh Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pythagoras Kelas VIII MTs Muhammadiyah Amaholu Kec. Huamual Kah. Seram Bagian Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Amaholu sejumlah 22 siswa. Pada hasil penelitian ini peneliti membagikan soal tes dan angket untuk dikerjakan oleh siswa. Hasil tes dan angket yang telah diisi oleh siswa dan diolah oleh peneliti untuk mencari hasil uji t dan diketahui nilai teman sebaya thitung = 4,997 dan motivasi belajar thitung = 3,604 dikonsultasikan pada ttabe1 dengan n = 20 taraf sig 5% t1abet = 1,725. Karena nilai teman sebaya dan motivasi belajar thirung > traber (4,997 dan 3,604 > 1,725) sehingga hipotesis diterima. Ini berarti bahwa ada pengaruh teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Amaholu Kee. Huamual Kah. Seram Bagian Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan besar • pengaruh teman sebaya dan motivasi helajar nilai Fhitung = 11,882 dan nilai signifikansi (0,000). Besarnya koefisien determinasi untuk variabel X1 (R) = 0,555 atau 55,5% dan motivasi helajar X2 (R) = 0,394 atau 39,4% Hasil ini mengindikasi bahwa hasil helajar dapat dijelaskan oleh variabel teman sebaya dan motivasi belajar sebesar (55,5% dan 39,4%) sedangkan sisanya 44,5% dan 60,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.