Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Ambon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Tabung Siswa Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon

Main Author: Rumadaul, Fitrianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/504/1/bab%20i%2Ciii%2Cv.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/504/2/bab%20i-v.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/504/
ctrlnum 504
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/504/</relation><title>Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Ambon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Tabung Siswa Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon</title><creator>Rumadaul, Fitrianti</creator><subject>Pendidikan Matematika</subject><description>Pendekatan pembelajaran kontekstual CTL (Contekstual Teaching and Learning) berbasis Budaya Ambon menekankan pada pemahaman bahwa konsep matematika merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari hal tersebut juga berkaitan dengan aspek budaya yang dimiliki orang Ambon terhadap penereapan konsep Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Budaya Ambon terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang tabung siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuntitatif, yang dilaksanakan pada tanggal 16 januri sampai dengan 16 februari 2019 di SMP Al-Wathan Ambon, dengan populasi kelas VIII dan sampel penelitian yang diambil sebanyak 20 siswa pada kelas VIII2 . Variabel penelitian adalah pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis budaya Ambon (X) dan hasil belajar siswa (Y). Instrumen penelitian menggunakan soal Tes dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi, serta menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji statistik Infirensial&#xD; Berdasarkan hasil perhitungan uji ketergantungan (Uji -t) menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis budaya Ambon terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang tabung siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Berdasarkan hasil perhitungan koofisien determinasi (KD), menunjukan bahwa besar pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Budaya Ambon terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang tabung siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon adalah sebesar 52,6 % sedangkan 47,4 % dipengaruhi variabel lain.</description><date>2019-12-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/504/1/bab%20i%2Ciii%2Cv.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/504/2/bab%20i-v.pdf</identifier><identifier> Rumadaul, Fitrianti (2019) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Ambon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Tabung Siswa Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>504</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rumadaul, Fitrianti
title Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Ambon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Tabung Siswa Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon
publishDate 2019
topic Pendidikan Matematika
url http://repository.iainambon.ac.id/504/1/bab%20i%2Ciii%2Cv.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/504/2/bab%20i-v.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/504/
contents Pendekatan pembelajaran kontekstual CTL (Contekstual Teaching and Learning) berbasis Budaya Ambon menekankan pada pemahaman bahwa konsep matematika merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari hal tersebut juga berkaitan dengan aspek budaya yang dimiliki orang Ambon terhadap penereapan konsep Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Budaya Ambon terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang tabung siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuntitatif, yang dilaksanakan pada tanggal 16 januri sampai dengan 16 februari 2019 di SMP Al-Wathan Ambon, dengan populasi kelas VIII dan sampel penelitian yang diambil sebanyak 20 siswa pada kelas VIII2 . Variabel penelitian adalah pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis budaya Ambon (X) dan hasil belajar siswa (Y). Instrumen penelitian menggunakan soal Tes dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi, serta menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji statistik Infirensial Berdasarkan hasil perhitungan uji ketergantungan (Uji -t) menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis budaya Ambon terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang tabung siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Berdasarkan hasil perhitungan koofisien determinasi (KD), menunjukan bahwa besar pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Budaya Ambon terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang tabung siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon adalah sebesar 52,6 % sedangkan 47,4 % dipengaruhi variabel lain.
id IOS6948.504
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2019-10-15T06:38:10Z
last_indexed 2022-11-05T12:43:36Z
recordtype dc
_version_ 1748660899119366144
score 17.538404