Pengembangan LKS berbasis kooperatif Jigsaw pada materi Sistem Pencernaan untuk siswa kelas VIII SMP Negeri Satap Tapinalu Kabupaten Seram Bagian Barat

Main Author: Patriani, Patriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/337/1/FULL%20SKRIPSI_143.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/337/2/BAB%20I%2CIII%2CVI_143.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/337/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila diterapkan dengan cara yang tepat dan didukung dengan perangkat yang memadai. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Lembar Kegiatan Siswa yang berisi materi Sistem Pencernaan Pada Manusia. Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan model pengembangan Four- D yang dikembangkan oleh Thiagrajani yang terdiri dari tiga tahap yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design ), dan Pengembangan ( Depelove). Waktu penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4 Januari sampai dengan tanggal 4 Februari 2019. Uji coba lembar kerja siswa dilaksanakan di SMP Negeri Satu Atap Tapinalu dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan dan kualitas perangkat yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Angket, Lembar Validasi, Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran dan Soal Tes. Kualitas lembar kerja siswa berdasarkan hasil pengembangan dan uji coba menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan dengan nilai valid 4,6, praktis 4,8, dan efektif 79% serta respon siswa 70% positif. maka perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini termaksud katagori valid, efektif dan praktis serta layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.