Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa KelasVIII pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di Smp Negeri40 Seram Bagian Timur
Main Author: | Kafara, Surtila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/2550/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2550/2/BAB%20I.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2550/3/BAB%20II.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2550/4/BAB%20III.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2550/5/BAB%20IV.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2550/6/BAB%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2550/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2550/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih rendah khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 40 Seram Bagian Timur tahun 2022.Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIa sebagai kelas kontrol yang berjumlah 17 peserta didik dan kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan tes.Teknik tes terdiri dari pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia.Hal ini diketahui dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai kelas kontrol yaitu, untuk kelas eksperimen sebesar 75.00 dan untuk kelas kontrol sebesar 59.41. Berdasarkan hasil uji hipotesis untuk hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 5.152 dan ttabel = 1.725 sehingga thitung.>ttabel. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar kognitif siswa. Disarankan untuk peneliti selanjutnya yang akan meneliti pengaruh model pembelajaran cooperative script untuk lebih mempersiapkan materi pelajaran dan media yang digunakan lebih menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.