Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar jajargenjang di MTS Negeri 1 Maluku Tengah. Tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian berlangsung dari tanggal 24 januari – 24 februari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang menjawab benar dan memenuhi karakteristik kemampuan representasi matematis. Dari 4 orang tersebut diambil 2 orang sebagai perwakilan untuk dianalisis hasil kerjanya yakni YM yang disebut S1 dan RS yang disebut S2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti, soal tes, pedoman wawancara, catatan lapangan dan alat dokumentasi. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data mengacu pada penelitian kualitatif yaitu Reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa kemampuan representasi konsep matematis siswa muncul ketika disajikan masalah matematis yaitu kemampuan visual, kemampuan simbolik,dan kemampuan verbal. Kemampuan visual berupa gambar yaitu dengan membuat gambar jajargenjang untuk menjelaskan masalah dan menyediakan penyelesaiannya; kemampuan simbolik berupa persamaan atau ekspresi matematika yaitu dengan membuat persamaan atau model matematis dari representasi yang diberikan dan penyelesaian masalah dengan melibatkan ekspresi matematis; kemampuan verbal berupa kata-kata atau teks tertulis yaitu dengan menuliskan interpretasi dari suatu representasi secara tepat dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata.