Dampak Sertifikasi Guru terhadap peningkatan mutu Guru di SD Negeri 1 Waipo Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah

Main Author: Wa Rosmina, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/2437/1/FULL%20TESIS%3B%20WA%20ROSMINA_133.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2437/2/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2437/
ctrlnum 2437
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/2437/</relation><title>Dampak Sertifikasi Guru terhadap peningkatan mutu Guru di SD Negeri 1 Waipo Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah</title><creator>Wa Rosmina, -</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang dampak sertifikasi guru terhadap peningkatkan mutu guru di SD Negeri 1 Waipo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 30 Desember 2020 sampai dengan 25 Januari 2021 dengan lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di SD Negeri 1 Waipo. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari Kepala sekolah, 4 guru serta Waka Kurikulum. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display) dan kesimpulan data (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sertifikasi guru sebagai proses uji kompetensi yang dirancang untuk mengungkapkan penguasaan kompetensi seorang guru. Dampak sertifikasi guru yakni terdiri dari dua hal yaitu; 1) meningkatkan kinerja guru, 2) meningkatkan profesional guru dalam proses pembelajaran. 1). Meningkatkan kinerja guru, dimana proses pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan guru setelah mengajar meliputi: a). Metode mengajar guru lebih variatif dan kreatif. b). Meningkatkan kesejahteraan guru c). Meningkatkan profesionalisme guru dalam hal ini sertifikasi guru disadari semakin meningkatkan profesionalisme guru. Sedangkan 2).Meningkatkan profesional guru dalam proses pembelajaran, meliputi: a). Persiapan/perencanaan karena sebelum melaksanakan pembelajaran tentunya seluruh komponen yang ada harus mempersiapkan terlebih dahulu. b). Proses pelaksanaan, inti dari implementasi adalah bagaimana bisa menerapkan konsep atau ide dalam suatu proses pelaksanaan. Dalam penelitian ini tentunya ditekankan pada proses pelaksanaan pembelajaran dari guru yang telah tersertifikasi. dan c) Evaluasi atau penilaian, dalam pembelajaran proses evaluasi sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam evaluasi ini, peneliti memfokuskan pada macam evaluasi yang dilakukan, teknik dan instrumen penilaian, program remedial dan pengayaan serta sistem pengorganisasian nilai. Macam evaluasi yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 1 Waipo, adalah evaluasi proses dan evaluasi hasil. &#xD; Faktor pendukung dan penghambat dampak sertifikasi pendidik dalam meningkatkan mutu guru di SD Negeri 1 Waipo dalam kebijakan sertifikasi guru terdapat kendala yang dapat mengganggu penerapan kebijakan sertifikasi guru, sehingga diperlukan usaha dari semua pihak sekolah baik guru, sekolah maupun peserta didik. Kendala-kendala yang dihadapi guru di SD Negeri 1 Waipo dalam dampak sertifikasi guru meliputi; a). Sarana prasarana sekolah yang masih terbatas, b) Keaktifan peserta didik kurang, c). Guru tersertifikasi kekurangan jam mengajar.</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/2437/1/FULL%20TESIS%3B%20WA%20ROSMINA_133.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/2437/2/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf</identifier><identifier> Wa Rosmina, - (2021) Dampak Sertifikasi Guru terhadap peningkatan mutu Guru di SD Negeri 1 Waipo Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN AMBON. </identifier><recordID>2437</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wa Rosmina, -
title Dampak Sertifikasi Guru terhadap peningkatan mutu Guru di SD Negeri 1 Waipo Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah
publishDate 2021
topic Pendidikan Agama Islam
url http://repository.iainambon.ac.id/2437/1/FULL%20TESIS%3B%20WA%20ROSMINA_133.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2437/2/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2437/
contents Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang dampak sertifikasi guru terhadap peningkatkan mutu guru di SD Negeri 1 Waipo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 30 Desember 2020 sampai dengan 25 Januari 2021 dengan lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di SD Negeri 1 Waipo. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari Kepala sekolah, 4 guru serta Waka Kurikulum. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display) dan kesimpulan data (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sertifikasi guru sebagai proses uji kompetensi yang dirancang untuk mengungkapkan penguasaan kompetensi seorang guru. Dampak sertifikasi guru yakni terdiri dari dua hal yaitu; 1) meningkatkan kinerja guru, 2) meningkatkan profesional guru dalam proses pembelajaran. 1). Meningkatkan kinerja guru, dimana proses pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan guru setelah mengajar meliputi: a). Metode mengajar guru lebih variatif dan kreatif. b). Meningkatkan kesejahteraan guru c). Meningkatkan profesionalisme guru dalam hal ini sertifikasi guru disadari semakin meningkatkan profesionalisme guru. Sedangkan 2).Meningkatkan profesional guru dalam proses pembelajaran, meliputi: a). Persiapan/perencanaan karena sebelum melaksanakan pembelajaran tentunya seluruh komponen yang ada harus mempersiapkan terlebih dahulu. b). Proses pelaksanaan, inti dari implementasi adalah bagaimana bisa menerapkan konsep atau ide dalam suatu proses pelaksanaan. Dalam penelitian ini tentunya ditekankan pada proses pelaksanaan pembelajaran dari guru yang telah tersertifikasi. dan c) Evaluasi atau penilaian, dalam pembelajaran proses evaluasi sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam evaluasi ini, peneliti memfokuskan pada macam evaluasi yang dilakukan, teknik dan instrumen penilaian, program remedial dan pengayaan serta sistem pengorganisasian nilai. Macam evaluasi yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 1 Waipo, adalah evaluasi proses dan evaluasi hasil. Faktor pendukung dan penghambat dampak sertifikasi pendidik dalam meningkatkan mutu guru di SD Negeri 1 Waipo dalam kebijakan sertifikasi guru terdapat kendala yang dapat mengganggu penerapan kebijakan sertifikasi guru, sehingga diperlukan usaha dari semua pihak sekolah baik guru, sekolah maupun peserta didik. Kendala-kendala yang dihadapi guru di SD Negeri 1 Waipo dalam dampak sertifikasi guru meliputi; a). Sarana prasarana sekolah yang masih terbatas, b) Keaktifan peserta didik kurang, c). Guru tersertifikasi kekurangan jam mengajar.
id IOS6948.2437
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2022-11-05T12:26:22Z
last_indexed 2022-11-05T12:44:41Z
recordtype dc
_version_ 1748660918583033856
score 17.538404