Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Mayoritas Non Muslim (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Seram Barat Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat)

Main Author: Tomia, Dinda Safira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/2249/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2249/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2249/
Daftar Isi:
  • Agama merupakan sumber dari nilai religius dan mempunyai keterkaitan yang sangat erat untuk masuk kedalam jiwa seseorang. Untuk membentuk manusia yang agamis dan mempunyai nilai-nilai religius atau karakter religius, maka dalam dirinya diperlukan pendidikan yang terarah sejak dini. Sebuah lembaga pendidikan hendaknya mengenalkan dan menanamkan tauhid atau akidah kepada peserta didik sebagai pondasi awal sebelum peserta didik mengenal banyaknya disiplin ilmu lainnya. Dengan begitu para guru umumnya dan guru pendidikan agama islam khususnya untuk berupaya menciptakan karakter religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan prosedur pengumpulan data yang menggunakan metode-metode berikut: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, display data serta verifikasi dan penegasan kesimpulan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang implementasi PAI dalam membentuk karakter siswa di sekolah mayoritas non muslim di SMA Negeri 4 Seram Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PAI dalam membentuk karakter siswa di sekolah mayoritas non muslim di SMA Negeri 4 Seram Barat dapat dikatakan baik, hal ini terwujud dalam bentuk sikap mereka terhadap siswa-siswi non muslim. Adapun faktor pendukung dalam membentuk karakter siswa-siswi muslim di sekolah tersebut, dilihat dari bentuk kegiatan yang diselengerakan oleh pihak sekolah yaitu pihak sekolah memanfaatkan acara-acara tertentu atau mengagendakan suatu kegiatan guna mempererat tali persaudaraan antara satu dengan yang lain dan tidak ada faktor yang sifatnya menghambat dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah tersebut karena adanya peran aktif guru PAI serta sarana prasarana yang dimanfaatkan dengan baik oleh pihak sekolah dalam menunjang pembentukan karakter, dan interaksi peserta didik antara muslim dan non muslim yang juga terbilang baik.