Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Materi Pecahan Kelas VII MTs Al-Fatah Ambon

Main Author: Tomia, Wa Ariyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/2224/1/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2224/2/WA%20ARIYANTI%20TOMIA.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2224/
Daftar Isi:
  • Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : 1. pengaruh Model Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Kelas VII MTS Al-Fatah Ambon. ( 2 ) Pengaruh Model Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Minat Belajar Materi Pecahan Kelas VII MTS Al-Fatah Ambon Penelitian ini merupakan penelitian dengan tipe penelitian menggunakan eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalas posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Fatah Ambon yang berjumlah 98 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random samplin, yaitu pengambilan 2 kelas secara acak yang akan dijadikan sampel penelitian. Kelas VII-2 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes (essay), lembar Angket, dan lembar observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat hasil belajar siswa, lembar angket untuk melihat minat belajar dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Data tes dan angket dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperiman sebesar 58,24 sedangkan pada kelas kontrol 44,97. Sedangkan berdasakan hasil uji-t diperoleh Q < 0,05 yaitu 0,001< 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajar TGT lebih baik dari ada hasil belajar siswa yang tidak belajar menggunakan modal pembalajaran TGT. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar pada Materi Pecahan Kelas VII MTS Al-Fatah Ambon. Sedangkan pada minat belajar hasil analisis yang dilakukan menunjukan bahwa rata-rata minat belajar siswa kelas eksperiman sebesar 70,40 sedangkan pada kelas kontrol 59,75. Sedangkan berdasakan hasil uji-t diperoleh Q < 0,05 yaitu 0,004 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian bahwa rata-rata minat belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajar TGT lebih baik dari pada minat belajar siswa yang tidak belajar menggunakan modal pembalajaran TGT. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap minat belajar pada Materi Pecahan Kelas VII MTS Al-Fatah Ambon.