Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Pythagoras Dikelas VIII SMP Negeri 2 Kepulauan Manipa

Main Author: -, Sardin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/2219/1/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2219/2/SARDIN.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2219/
Daftar Isi:
  • Kemampuan komunikasi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang baik. Tanpa adanya komunikasi yang benar, maka proses pembelajaran tidak akang berjalan lancar sesui rencana. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan yang dilakukan antara guru dan siswa ataupun kemampuan siswa mengekspresikan bahasa matematika baik berupa angka, simbol, aljabar, gambar, grafik dan diagram, maupun kata-kata sehingga dapat mempermudah siswa untuk menyelesaikan suatu masalah yang diberika oleh guru baik nsecra tertulis ataupun lisan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelasikan soal pada materi teorema Pythagoras. Tipe penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kepulauan Manipa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Berdasrkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi teorema Pythagoras di SMP Negeri 2 Kepulauan Manipa sudah memenuhi indikator-indikator kemampuan komunikasi matematis. Hal ini ditunjukan dengan ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu subjek tersebut mampu menggunakan bahasa matematika yang disajikan dalam bentuk lisan atau tulisan. Penggunaan representasi matematika yang disajikan dalam bentuk tulisan atau visual dan menginterpresentasikan ide-ide matematika serta menggambarkan hubungan-hubungan atau model matematika dengan tepat serta makna yang diperoleh.