Pengaruh Pembelajaran Daring Masa Pandemi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMA N 22 Maluku Tengah
Main Author: | Aprianti, Aprianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/2217/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2217/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2217/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring masa pandemi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas XI SMA N 22 Maluku Tengah. Adapun batasan masalahnya yaitu pembelajaran daring masa pandemi pada mata pelajaran PAI di SMA N 22 Maluku Tengah dilakukan dengan aplikasi WhatsApp, Messenger, dan Zoom dan hasil belajar siswa yang dimaksud adalah hasil nilai UAS semester. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif jenis penelitian survey, sampel berjumlah 46 orang dengan kelas XI MIA2 22 orang dan XI MIA3 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah divalidasi dan reliable dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji analisis regresi linear, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI SMA N 22 Maluku Tengah. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linear sederhana Y = 79,246 + 0,029X dan kontribusi yang ada pada variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,2 % sedangkan 99,8 % dipengaruhi oleh variabel lain. Yang artinya H1 ditolak (terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI) dan H0 diterima (tidak terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI).