Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat
Main Author: | Thomia, Inda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/2153/1/BAB%20I.III.V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2153/2/INDA%20THOMIA.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2153/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran kooperatif Tipe stad merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan mengunakan kelompok – kolompok kecil dengan anggota tiap kelomok 4-5 orang siswa secara heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dari penerapan meodel pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Kasuari dalam materi persamaan kuadrat Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa berdasarkan suatu tindakan yang sengaja di lakukan di dalam kelas, mulai dari merencanakan, melaksanakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IX SMP Kasuari tahun ajaran 2021/2022 terdiri dari 25 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini di lakukan selama 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan untuk siklus I dan 2 kali pertemuan untuk siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus I masih terdapat sebagian siswa kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi kemudian Siswa masih gaduh saat pembentukkan kelompok sedangkan pada siklus II siswa sudah memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi kemudian Siswa tidak gaduh lagi saat pembentukkan kelompok. dengan demikian hasil belajar siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II telah mengalami peningkatan, di lihat dari Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan juga meningkat, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas yaitu 9 orang dengan persentase 36%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas yaitu 20 orang dengan jumlah persentase 80%, Sehingga dapat di simpulkan bahwa dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Kasuari terkhususnya dalam materi persamaan kuadrat