Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Time Token Arends Terhadap Motivasi Belajar Pada Materi Determinan Matriks Di Kelas XI MA Binakarya Melati

Main Author: Ruslan, Siti Lufiyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/2150/1/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2150/2/SITI%20LUFIYANTI%20RUSLAN.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2150/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam dunia pendidikan dalam mengkontruksi pengetahuan siswa. Keberhasilan dalam proses pembelajaran juga ditentukan oleh motivasi, karena motivasi memiliki pengaruh yang sangat besar dan juga komponen yang sangat penting dalam pembelajaran. Motivasi belajar ini meliputi motivasi intrinsik yang berasal dari dalam diri dan motivasi ekstrinsik yang muncul akibat pengaruh dari luar diri seseorang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran time token arendsterhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran determinan matriks pada kelas XI MA Bina Karya Melati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan soal tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MA Bina Karya Melati. Penelitian ini menggunakan dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen (XI IPA) dan satu kelas sebagai kontrol (XI IPS). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar yang terdiri yang terdiri dari 26 soal yang berupa pernyataan dan pertanyaan yang berbentuk skala, deskriptif yaitu berupa pertanyaan yang jawabannya berupa skala persetujuan atau penolakan terhadap pernyataan atau pertanyaan yang dinyatakan dengan sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS) dan sangat tidak setuju (STS). Hasil penelitian ini adalah data hitung uji-t diperoleh hasil bahwa =2,467 sedangkan nilai = 1,684 . oleh karna > maka ditolak dan diterima dengan nilai rata-rata kelas ekperimen 89,136 dengan menggunakan model time token arends dan nilai rata kelas kontrol 86,905, dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran time token arends terhadap motivasi belajar peserta didik pada pelajaran matematika kelas XI IPA MA Bina Karya.