Permasalahan Dalam Proses Konstruksi Pembagian Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon
Main Author: | Tehuayo, Asmina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/2145/1/BAB%20I.III.V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2145/2/SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2145/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan dalam proses konstruksi pembagian bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 18 Agustus sampai dengan 30 September di kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon yang terdiri satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, kemudian. Selanjutnya dari 27 orang siswa, kemudian diberikan soal tes essai dan diminta menyelesaikannya, dan untuk mengetahui jawaban siswa yang menjawab salah. Selanjutnya jika siswa yang menjawab benar maka tidak digunakan sebagai subjek penelitian dan jika siswa yang menjawab salah atau melakukan kesalahan maka diambil sebagai subjek penelitian dan dilakukan refleksi dengan memberi instruksi terbatas. Berdasarkan permasalahan dalam proses penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa berpikir pseudo salah dan lubang konstruksi siswa dalam mengonstruksi konsep pembagian bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMP Muhammdaiyah Ambon, yaitu dalam mengonstruksi konsep operasi pembagian bilngan pecahan, serta memenuhi kata kerja indikator konstruksi dengan melakukan refleksi atau memperbaiki jawabannya menjadi jawaban yang benar.