Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Buru Kecamatan Batabual
Main Author: | Sampulawa, Madina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/2051/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2051/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/2051/ |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) adalah model pembelajaran yang memiliki tiga langka secara terperinci yaitu; predict merupakan suatu proses membuat dugaan terhadap fenomena, observe atau pengamatan yaitu melakukan penelitian atau percobaan dan explain yaitu memberikan penjelasan tentang kesesuaian antara dugaan dengan observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Buru Kecamatan Batabual. dan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap hasil belajar siswa biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Burn Kecamatan Batabual. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu dengan teknik pengumpulan data observasi, angket, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui beberapa rumus. Sampel dalam penelitian ini yaitu keseluruhan dari kelas XI IPA sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POE (predict-observe-explaint) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Buru Kec. Batabual, dengan korelasi yang sedang/cukup. Hal ini dibuktikan melalui uji statistik korelasi product moment yang menunjukan bahwa Ihituug > rtabel yaitu 0,632. Dengan derajat bebas (Db)= 25 temyata fhitung> Itabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,396, berarti 0,632 > 0,396 dan taraf signifikan 1 % sebesar 0,505, berarti 0,632 > 0,505. dan besar pengaruh model pembelajaran POE (predict-observe-explaint) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Burn Kee. Batabual adalah sebesar 39% dan 61% dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi, dan minat belajar siswa.