Analisis Standar Sarana Dan Prasarana Laboratorium IPA Di SMP N 14 Ambon

Main Author: Uluputty, Sin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/2027/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2027/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2027/
Daftar Isi:
  • Pendidikan sebagai media awal pembentukan watak manusia, memegang kunci penting dalam pembangunan wawasan sehingga siswa dapat mengkonstruk pemikiran dari yang kongkrit menuju ke pemikiran abstrak. Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan harus memiliki fasilitas sarana prasarana yang memadai. Sarana prasarana pendidikan dapat menunjang segala kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sarana dan prasarana laboratorium IPA di SMP N 14 Ambon. Fokus penelitian ini adalah pada aspek daya dukung perlengkapan fasilitas laboratorium IPA di SMP N 14 Ambon. Tipe penelitian yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan wawancara. Penelitian dilakukan dari tanggal 01 juni s/d 01 juli 2021. Penelitian ini menggunakan metode observasi yaitu dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan cara tanya jawab yang dikerjakan secara sistematis dan berdasarkan pada tujuan penelitian. Hasil analisis data menunjukan bahwa daya dukung sarana dan prasarana laboratorium IPA SMP N 14 Ambon, secara keseluruhan dapat dihitung dengan menggunakan rumus uji kelayakan. Sarana laboratorium IPA SMP N 14 Ambon yang sesuai dengan Permendiknas No 24 Tahun 2007 sebesar 91,25%. Prasarana yaitu sebesar 95%. Kesesuaian sarana prasarana laboratorium IPA SMP N 14 Ambon secara keseluruhan yaitu sebesar 93,33% dengan kriteria penilaiannya yaitu sangat lengkap.