Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Perilaku Anak Broken Home Pada SMA Negeri 6 Maluku Tengah Di Desa Hila Kecamatan Leihitu

Main Author: Ma'ani, Salma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/2000/2/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2000/3/SALMA%20MA%27ANI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2000/
ctrlnum 2000
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/2000/</relation><title>Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Perilaku Anak Broken Home Pada SMA Negeri 6 Maluku Tengah Di Desa Hila Kecamatan Leihitu.</title><creator>Ma'ani, Salma</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>Bertolak dari latar belakang masalah yang peneliti rumuskan sebagai berikut: Bagaimana Gambaran Realitas Perilaku Peserta Didik Broken Home Pada SMA Negeri 6 Malaku Tengah Desa Hila? Bagaimana Peran Guru PAI Dalam Membina Perilaku Peserta Didik Broken Home Pada SMA Negeri 6 Maluku Tengah Desa Hila? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku peserta didik brokrn home dan peran guru PAI di SMA Negeri 6 Maluku Tengah.&#xD; Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, dan perilaku peserta didik broken home pada SMA Negeri 6 Maluku Tengah Di Desa Hila Kecamatan Leihitu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah Observasi, Wawancara dan dokumentasi beberapa informan kunci yang terdiri dari Guru PAI, peserta didik broken home SMA Negeri 6 Maluku Tengah, kepala Sekolah, dan bebarpa guru mata pelajaran, serta orang tua Peserta didk broken home. &#xD; Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Peserta didik bersikap pasif atau diam dalam mengikuti pelajaran di kelas. (2) Peserta didik yang diam aktif dalam menyelesaikan tugas sekolah terkadang juga lalai dalam menyelesaikan tugas dan mudah marah. (3) Peserta didik broken home yang sering melanggar peraturan sekolah seperti melawan perintah guru, terlambat ke sekolah, memakai sepatuh berwarna dan kaos kaki berwarna, sering bolos, dan berada di kantin pada saat jam belajar. (4) Peserta didik broken home yang baik akhlaknya dan aktif di sekolah dan di dalam kelas. Untuk mencapai mutu pendidikan yang baik dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak sekolah baik guru, sekolah dan peserta didik, bahkan orang tua. pelaksanaan pengajian rutin kamis malam jum&#x2019;at, kultum dan do&#x2019;a bersama di hari Jum&#x2019;at pagi sebelum masuk kelas, serta pasantren kilat dan tadarus Al-Qur&#x2019;an di bulan suci Ramadhan. Nampak peran guru PAI dalam membina, membimbing, mendidik, memotivasi, serta mengevaluasi peserta didik, hal ini merupakan upaya guru PAI dalam membina karakter, perilaku peserta didik di sekolah terutama peserta didik broken home di SMA Negeri 6 Maluku Tengah. Tujuannya agar peserta didik mampu memahami, mendalami, dan mengamalkan apa yang mereka dapatkan di kegiatan tersebut, sehingga peserta didik dapat menfilter segala pengaruh negatif yang datang dari luar lingkungan sekolah. Selain itu upaya guru PAI adalah untuk mencapai tujuan khusus dalam membentuk pribadi peserta didik yang selalu melaksanakan Ibadah kepada Allah SWT.</description><date>2020-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/2000/2/BAB%20I.III.V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/2000/3/SALMA%20MA%27ANI.pdf</identifier><identifier> Ma'ani, Salma (2020) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Perilaku Anak Broken Home Pada SMA Negeri 6 Maluku Tengah Di Desa Hila Kecamatan Leihitu. Tesis thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>2000</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ma'ani, Salma
title Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Perilaku Anak Broken Home Pada SMA Negeri 6 Maluku Tengah Di Desa Hila Kecamatan Leihitu
publishDate 2020
topic Pendidikan Agama Islam
url http://repository.iainambon.ac.id/2000/2/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2000/3/SALMA%20MA%27ANI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2000/
contents Bertolak dari latar belakang masalah yang peneliti rumuskan sebagai berikut: Bagaimana Gambaran Realitas Perilaku Peserta Didik Broken Home Pada SMA Negeri 6 Malaku Tengah Desa Hila? Bagaimana Peran Guru PAI Dalam Membina Perilaku Peserta Didik Broken Home Pada SMA Negeri 6 Maluku Tengah Desa Hila? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku peserta didik brokrn home dan peran guru PAI di SMA Negeri 6 Maluku Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, dan perilaku peserta didik broken home pada SMA Negeri 6 Maluku Tengah Di Desa Hila Kecamatan Leihitu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah Observasi, Wawancara dan dokumentasi beberapa informan kunci yang terdiri dari Guru PAI, peserta didik broken home SMA Negeri 6 Maluku Tengah, kepala Sekolah, dan bebarpa guru mata pelajaran, serta orang tua Peserta didk broken home. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Peserta didik bersikap pasif atau diam dalam mengikuti pelajaran di kelas. (2) Peserta didik yang diam aktif dalam menyelesaikan tugas sekolah terkadang juga lalai dalam menyelesaikan tugas dan mudah marah. (3) Peserta didik broken home yang sering melanggar peraturan sekolah seperti melawan perintah guru, terlambat ke sekolah, memakai sepatuh berwarna dan kaos kaki berwarna, sering bolos, dan berada di kantin pada saat jam belajar. (4) Peserta didik broken home yang baik akhlaknya dan aktif di sekolah dan di dalam kelas. Untuk mencapai mutu pendidikan yang baik dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak sekolah baik guru, sekolah dan peserta didik, bahkan orang tua. pelaksanaan pengajian rutin kamis malam jum’at, kultum dan do’a bersama di hari Jum’at pagi sebelum masuk kelas, serta pasantren kilat dan tadarus Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan. Nampak peran guru PAI dalam membina, membimbing, mendidik, memotivasi, serta mengevaluasi peserta didik, hal ini merupakan upaya guru PAI dalam membina karakter, perilaku peserta didik di sekolah terutama peserta didik broken home di SMA Negeri 6 Maluku Tengah. Tujuannya agar peserta didik mampu memahami, mendalami, dan mengamalkan apa yang mereka dapatkan di kegiatan tersebut, sehingga peserta didik dapat menfilter segala pengaruh negatif yang datang dari luar lingkungan sekolah. Selain itu upaya guru PAI adalah untuk mencapai tujuan khusus dalam membentuk pribadi peserta didik yang selalu melaksanakan Ibadah kepada Allah SWT.
id IOS6948.2000
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2022-11-05T12:26:04Z
last_indexed 2022-11-05T12:44:28Z
recordtype dc
_version_ 1748660915501268992
score 17.538404