Kompetensi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Maluku Tengah Kecamatan Salahutu
Main Author: | Umarella, M. Haikal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1998/1/BAB%20I.III.V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1998/2/M.%20HAIKAL%20UMARELLA.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1998/ |
Daftar Isi:
- Tesis ini membahas tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Maluku Tengan Kecamatan Salahutu. Pokok permasalahan adalah bagaimana kompetensi guru dalam pembentukan kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kompetensi guru aqidah akhlak, serta faktor penunjang dan penghambat dalam pembentukan kepribadian peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskruptif kualitatif. Populasinya adalah peserta didik kelas X dan XII berjumlah 274 orang, sampel yang ditetapkan 25% dengan jumalah responden 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan pedoman wawancara. Data primer dikumpulakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder dikumpulkan melalui media perantara berupa buku, catatan, arsip yang dipublikasikan maupun tidak dipublikasikan. Hasil penelitian menunjukan, guru memiliki kompetensi kepribadian, mereka memiliki sifat dewasa, arif dan bijaksana, berwibawa, memiliki akhlak mulia perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik, bertindak sesuai norma religius, jujur, ikhlas, dan suka menolong. Kompetensi yang di miliki guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, kompetensi kepemimpinan dapat membentuk kepribadian peserta didik dengan baik melalui pembelajaran dikelas maupun di luar kelas. Pembentukan kepribadian peserta didik melalui beberapa kompetensi guru dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor penunjang dan penghambat, baik dari dalam maupun dari luar.