Pendidikan Islam Multikultural Dalam Al-Qur’an Surah Al-Hujurāt Ayat 13 (Studi Perbandigan antara Tafsir Al-Misbah dengan Tafsir Al-Azhar)
Main Author: | Iqbal, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1983/3/BAB%20I.III.V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1983/2/MUHAMMAD%20IQBAL.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1983/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam surat al-Hujurāt ayat 13 menurut M Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah dan Hamka dalam Tafsir al-Azhar dan bagaimana komparasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam surat al-Hujurāt ayat 13 menurut M Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah dan Hamka dalam Tafsir al-Azhar. Serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam surat al-Hujurāt ayat 13 menurut M Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah dan Hamka dalam Tafsir al-Azhar dan komparasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam surat al-Hujurāt ayat 13 menurut M Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah dan Hamka dalam Tafsir al-Azhar. Peneliti menggunakan tipe penelitian kepustakaan (Library Research). Sifat penelitian ini bersifat dekskriptif-komparatif menguraikan pemikiran M. Quraish Shihab dalam kitab tafsirnya al-Misbah dan pemikiran Hamka dalam kitab tafsirnya al-Azhar tentang pendidikan Islam multikultural. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Dan penelitian ini bersifat dekskriptif-komparatif. Serta menggunakan analisis data yaitu deduktif, induktif dan komparatif. Hasil penelitian ini adalah 1. Nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang terkandung dalam surat al-Hujurāt ayat 13 berdasarkan pendapat M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah dan pendapat Hamka dalam tafsir al-Azhar, yaitu pluralisme, persamaan (equality), toleransi, dan kemanusiaan, dan 2. Komparasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam surat al-Hujurāt ayat 13 menurut M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah dan Hamka dalam tafsir al-Azhar, maliputi segi jumlah kitab tafsir, corak penafsiran, metode penafsiran, bentuk penafsiran, kondisi saat menafsirkan ayat, sistematika penafsiran surat al-Hujurāt ayat 13, dan penggunaan unsur bahasa atau kata dalam al-Qur’ān, serta penemuan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam surat al-Hujurāt ayat 13.