Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Dikelas VII Dengan Metode Pakem Pada SMP Negeri Hatawano
Main Author: | Buton, Hardianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1971/1/BAB%20I.III.V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1971/2/HARDIATI%20BUTON.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1971/ |
Daftar Isi:
- PAKEM merupakan singkatan dari pembelajaran aktif, kreatif,efektif, dan menyenangkan. Metode pembelajaran ini menggambarkan keseluruhan proses belajar mengajar yang berlangsung menyenangkan dengan melibatkan peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajara siswa pada materi aljabar dikelas VII dengan metode pakem pada SMP Negeri Hatawano. Tipe penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan lembar angket dan lembar observas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Hatawano. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan, yaitu pada tanggal 06 November 2020 sampai 06 Desember 2020 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan presentase rata-rata angket kemandirian belajar siswa di kelas VII SMP Negeri Hatawano dilihat dari kegiatan pra siklus masi berada pada kategori sedang yaitu 58,08%, karena belum mencapai kriteria yang di tentukan maka dilanjutkan ke siklus I dengan hasil presentasi rata-rata 61,78% belum mencapai kategori yang ditentuka, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II evaluasi meningkat lagi sebesar 77,90% dinyatakan telah mencapai kategori yang di tentukan yaitu 66%.