Investigasi Pola Komunikasi Guru dan Siswa dengan Pendekatan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika
Main Author: | Saleky, Hamida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1960/1/BAB%20I.III.V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1960/2/HAMIDA%20SALEKY.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1960/ |
Daftar Isi:
- Proses belajar mengajar perlu adanya komunikasi yang jelas antara guru dan siswa pada saat memberikan scaffolding dalam pembelajaran matematika karena sering dijumpai kegagalan pembelajaran disebabkan lemahnya komunikasi antara guru dan siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola komunikasi guru dan Siswa dengan Pendekatan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Proses pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling sehingga Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru matematika Madrasah Aliyah Negeri Ambon yang konsisten memberikan pola komunikasi dengan pendekatan scaffolding kepada siswa yakni guru dengan inisial HR, AK, dan LA serta 3 orang siswa yang melakukan komunikasi dengan masing-masing guru tersebut yakni siswa dengan inisial KFD, ISM dan RL. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data-data hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, bahwa pola komunikasi guru dan siswa dengan pendekatan scaffolding dalam pembelajaran matematika sudah terlaksana. Hal ini dilihat dari hasil observasi yang diamati peneliti terhadap proses pembelajaran dari tiga orang guru matematika di Madrasah Aliyah Negeri Ambon yakni guru dengan inisial HR, AK, dan LA. Dimana selama proses pembelajaran berlangsung, guru dengan inisial HR dan LA tersebut menerapkan delapan indikator dari jenis-jenis scaffolding yang peneliti amati sesuai lembar observasi yang sudah disiapkan oleh peneliti sedangkan guru dengan inisial AK menerapkan enam indikator jenis-jenis scaffolding yang peneliti amati sesuai lembar observasi yang sudah disiapkan oleh peneliti. Hasil wawancara terhadap siswa juga menunjukkan bahwa pola komunikasi yang diterapkan oleh ketiga guru tersebut mendapat tanggapan positif yakni siswa merasa senang dan memahami materi yang disampaikan dengan perlakuan yang diberikan pada saat proses pembelajaran berlangsung.