Analisis Proses Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar
Main Author: | Kelian, Basma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1950/1/BAB%20I.III.V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1950/2/BASMA%20KELIAN.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1950/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon yang diberikan soal tes dengan menggunakan think alouds dan diwawancarai kemudian diambil 2 orang sebagai perwakilan subjek yang memenuhi indikator proses berpikir reflektif. Hasil penelitian ini menunjukan siswa memenuhi indikator berpikir reflektif yakni Reacting, Comparing dan Contemplating. Indikator reacting yang dimaksud yaitu siswa mengidentifikasi dan menuliskan informasi-informasi yang ada pada soal dengan cara menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dan serta menghubungkan yang diketahui dan yang ditanyakan. Comparing yaitu siswa menuliskan dan menjelaskan metode yang dianggap efektif dalam menyelesaikan soal, dan menjelaskan jawaban pada permasalahan yang didapatkan serta mengaitkan masalah yang ditanyakan dengan masalah yang pernah dihadapi. Contemplating yaitu siswa membuktikan kebenaran dan kesalahan pada penentuan jawaban, mampu memperbaiki jika ada kesalahan dan membuat kesimpulan. Perbedaan proses berpikir reflektif siswa terlihat pada indikator kedua yaitu Comparing, dimana metode atau cara yang digunakan dalam menyelesaikan masalah atau soal berbeda. Dimana siswa pertama menyelesaikan soal mengunakan metode subtitusi dan siswa kedua menyelesaikan soal menggunakan metode eliminasi dan subtitusi.