Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terintegrasi Fiqih Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VII SMP Muhammadiyah Temi

Main Author: Abdin, Pardin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1949/1/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1949/2/PARDIN%20ABDIN.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1949/
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah salah satu tipe pembelajaran dengan menempatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 4 sampai 6 siswa untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Setiap siswa mempunyai kemampuan berpikir kreatif yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terintegrasi fiqih lingkungan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kubus dan balok kelas VII SMP Muhammadiyah Temi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel pada penelitian merupakan sampel populasi dimana seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 62 siswa dijadikan sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan soal pre test dan soal post test. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terintegrasi fiqih lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang telah diberikan kepada siswa. Hasil uji independent sampel T-test menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dengan hasil pengujian diperoleh nilai t = -4,460 dan nilai Sig = 0,000 karena Sig. < α yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terintegrasi fiqih lingkungan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.