Analisis Kemampuan Dasar Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tes Superiteam Pada Operasi Hitung Pecahan Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII Mts Hasyim Asy’ari Ambon

Main Author: Kaimudin, Sunarti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1902/1/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1902/2/SUNARTI%20KAIMUDIN.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1902/
Daftar Isi:
  • Kemampuan dasar matematika adalah memiliki dasar kemampuan (mampu) berfikir dedukatif dalam membangun teori dan mengkomunikasikan hasil-hasil kegiatan keilmuan dengan benar serta mampu mengkomunikasikan bahasa artifikal yang bersifateksak, cermat dalam matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dasar matematika siswa dalam menyelesaikan soal tes superiteam pada operasi hitung pecahan bentuk aljabar siswa kelas VIII mts hasyim asy’ari ambon. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Subjek (S1 dan S2). Dalam menyelesaikan soal yang diberikan dapat menyelesaikanya dengan benar dan dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan dari konsep-konsep penyelesaian soal aljabar. Sehingga indikator komponen dasar matematika dalam taksonomi solo yakni, pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections), (Unistruktural), (Multikultural), (Relasional), ( Abstrak Diperluas) pada tahap membaca/memahami masalah tidak terpenuhi dengan baik namun indikator-indikator kemampuan koneksi yang lain terpenuhi dengan baik.