Analisis Kesalahan Konstruksi Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOT Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Main Author: Latauga, Heni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1871/1/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1871/2/HENI%20LATAUGA.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1871/
Daftar Isi:
  • Kesalahan konstruksi konsep adalah suatu bentuk penyimpangan kegiatan aktif yang dilakukan untuk memperoleh atau membangun suatu konsep dalam matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan terjadinya kesalahan Konstruksi Konsep siswa dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII.A MTs Hasyim Asy’ari Ambon sebanyak 26 siswa yang diberikan soal tes essay untuk mengetahui jawaban siswa yang menjawab salah. Sehingga diperoleh 3 subjek sebagai perwakilan yang memenuhi indikator kesalahan konstruksi konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk indikator kesalahan konstruksi konsep terpenuhi, yakni: Berpikir Pseudo Salah, awalnya S1 memberikan jawaban yang salah, namun alasan yang diberikan adalah benar dan setelah dilakukan refleksi S1 mampu memperbaikinya menjadi jawaban yang benar (S1 mampu memahami prosedur dengan baik namun keliru dalam melakukan operasi pengurangan), Mis-Analogical Construction, S2 memberikan jawaban yang salah karena S2 menyamakan satu konsep dengan konsep lainnya yakni penyederhanaan ruas kiri dan ruas kanan dalam suatu persamaan), Mis-Logical construction S3 memberikan jawaban yang salah karena S3 tidak dapat menalar atau memahami soal dengan benar.