Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Manusia di Kelas VIII MTs Al-Hilal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Main Author: Samalam, Santri Marwati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1856/1/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1856/2/SANTRI%20MARWATI%20SAMALAM.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1856/
Daftar Isi:
  • Penggunaan model pembelajaran dianggap sangat membantu guru dalam pentransferan pemahaman dari materi kepada siswa dengan mudah, bila guru mampu menggunakan model pembelajaran dengan baik yang salah satunya adalah model pembelajarah guided note taking. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran guided note taking untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Sistem Gerak Manusia di Kelas VIII MTs Al-Hilal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui penerapan model pembelajaran guided note taking untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi Materi Sistem Gerak Manusia di Kelas VIII MTs Al-Hilal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan terhitung mulai dari Tahun Ajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII MTs Al-Hilal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah pada kelas VIII dengan jumlah subjek 28 orang siswa. Untuk menganalisis data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji presentasi kemudian disesuaikan dengan penilai acuan patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided note taking ternyata dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sistem gerak manusia di kelas VIII MTs Al-Hilal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I menunjukkan 7 orang peserta didik atau 25% memperoleh nilai baik sekali, 10 orang peserta didik atau 35,71% memperoleh nilai baik, 11 orang peserta didik atau 39,28% memperoleh nilai cukup, dan tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai kurang maupun nilai gagal dalam mengikuti proses belajar mengajar pada materi sistem gerak manusia dengan menggunakan model pembelajaran guided note taking. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar peserta didik sudah meningkat dengan menggunakan model pembelajaran guided note taking, hal ini dilihat dari 10 orang peserta didik atau 35,71% memperoleh nilai yang sangat baik, 18 orang peserta didik atau 64,28% memperoleh nilai baik, dan tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai cukup, kurang dan gagal.