Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Kelas VIII di SMP PGRI Mawah Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Main Author: Gorang, Harsono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1820/1/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1820/2/HARSONO%20GORANG.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1820/
Daftar Isi:
  • Guru merupakan pendidikan profesional dengan tugas utama profesi atau jabatan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru, peranan guru dalam pembentukn akhlak peserta didik antara lain yaitu guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing, model dan penasehat dalam pembentukan akhlak peserta didk. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama dalam pembentukan akhlak peserta didik kelas VIII di SMP PGRI Mawah Kec. Leihitu? Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMP PGRI Mawah? Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilaksanakan di SMP PGRI Mawah dari tanggal 28 Mei sampai tanggal 28 Juni, subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang yaitu kepala sekolah, 1 guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan 4 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMP PGRI Mawah, yaitu pertama peran guru sebagai pembimbing, mengarahkahkan peserta didik untuk melakukan ibadah shalat mengaji, melakukan pendekatan dengan peserta didik, kerjasama dengan guru mata pelajaran dan orang tua. Kedua sebagai model yaitu sebagai teladan dalah bertutur kata, bertindak dan berpakaian yang baik, sebagai model dalam bergaul di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Ketiga peran guru sebagai penasehat yaitu memberikann nasehat kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok, memberikan pernyataan kepada peserta didik yang telah melakukan kesalahan. Adapun faktor pendukung peran dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMP PGRI Mawah yaitu motivasi guru, kerja sama antara guru dan pihak sekolah, kerja sama antara guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu fasilitas yang tidak memadai, kesadaran peserta didik dan pergaulan di lingkungan.