Model Pembelajaran Al-Qur'an pada TPQ Al-Ikhlas Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Ambon

Main Author: Wulandari, Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1739/1/FITRI%20BAB%20I%2CIII%2CV.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1739/2/FITRI%20FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1739/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari 1 orang pemimpin TPQ dan 3 orang pengajar dan 2 orang santri. Hasil penelitian model pembelajaran al-Qur’an pada TPQ Al-Ikhlas desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, model pembelajaran digunakan menggunakan model pembelajaran kuliling penamaan dalam bahasa Ambon, model pembelajaran kuliling adalah pembelajaran dengan cara membuat lingkaran penuh atau dengan setengah lingkaran pada saat mengaji, kemudian dengan posisi pengajar di tengah-tengah para santri. Para santri mengaji secara bergilir menghadap guru guna menyetorkan hafalan dan membaca al-Qur’an. Pada saat salah satu santri mengaji santri yang lain menyimak. Dengan menyimak pengajar berharap bahwa santri ketika dia membaca tidak mengulangi kesalahan yang telah dilakukan teman sesudahnya karena pada saat mengaji santri bukan saja hanya duduk diam tetapi mereka juga sebagai pengoreksi bacaan selain pengajar. Factor pendukung model pembelajaran: 1)Tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya dari mahasiswa S1 dan S2 IAIN Ambon, 2) Minat belajar santri yang tinggi di TPQ Al-Ikhlas Ambon, 3) Sarana dan prasarana. Factor penghambat model pembelajaran: 1)Tenaga pengajar, 2) Santri yang masih banyak suka bermain pada saat mengaji, 3) Dana. Sehingga model pembelajaran kuliling di TPQ Al-Ikhlas Ambon pada saat berjalan denga lancer.