Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon

Main Author: Rizqy, Ilham
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1715/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1715/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1715/
ctrlnum 1715
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/1715/</relation><title>Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon</title><creator>Rizqy, Ilham</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon. &#xD; Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 18 Januari sampai dengan 18 Februari 2021. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang kepala sekolah dan 1 orang guru akidah akhlak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon sudah berperan dengan baik, dimana guru akidah akhlak sudah melakukan peranannya seperti guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai pemimpin yakni telah mengajarkan tentang kejujuran, kedisiplinan, sopan-santun dan keteladanan serta guru sebagai ilmuan dimana guru telah menggunakan media teknologi yang berkembang saat ini untuk mendukung proses pembentukan karakter peserta didik. Peranan guru tersebut terlaksanakan dengan baik seperti yang diharapkan walaupun penerapannya belum maksimal. Faktor penghambat dalam pembentukan karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon adalah faktor eksternal seperti pergaulan teman sebaya yang kurang baik dan adanya media sosial yang berlebihan dan tanpa bimbingan orangtua. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik adalah lingkungan sekolah yang selalu mendukung pembentukan karakter peserta didik. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon yaitu dari latar belakang lingkungan keluarga, dimana keluarga akan mengajarkan hal-hal baik terhadap anaknya.</description><date>2021-03-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1715/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1715/2/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Rizqy, Ilham (2021) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>1715</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rizqy, Ilham
title Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon
publishDate 2021
topic Pendidikan Agama Islam
url http://repository.iainambon.ac.id/1715/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1715/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1715/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 18 Januari sampai dengan 18 Februari 2021. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang kepala sekolah dan 1 orang guru akidah akhlak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon sudah berperan dengan baik, dimana guru akidah akhlak sudah melakukan peranannya seperti guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai pemimpin yakni telah mengajarkan tentang kejujuran, kedisiplinan, sopan-santun dan keteladanan serta guru sebagai ilmuan dimana guru telah menggunakan media teknologi yang berkembang saat ini untuk mendukung proses pembentukan karakter peserta didik. Peranan guru tersebut terlaksanakan dengan baik seperti yang diharapkan walaupun penerapannya belum maksimal. Faktor penghambat dalam pembentukan karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon adalah faktor eksternal seperti pergaulan teman sebaya yang kurang baik dan adanya media sosial yang berlebihan dan tanpa bimbingan orangtua. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik adalah lingkungan sekolah yang selalu mendukung pembentukan karakter peserta didik. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon yaitu dari latar belakang lingkungan keluarga, dimana keluarga akan mengajarkan hal-hal baik terhadap anaknya.
id IOS6948.1715
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2022-11-05T12:25:48Z
last_indexed 2022-11-05T12:44:17Z
recordtype dc
_version_ 1748660912333520896
score 17.538404