Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom Kecamatan Pulau Gorom
Main Author: | Loklomin, Bakia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1702/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1702/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1702/ |
ctrlnum |
1702 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/1702/</relation><title>Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom Kecamatan Pulau Gorom</title><creator>Loklomin, Bakia</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>Guru merupakan pendidikan profesional dengan tugas utama profesi atau jabatan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru, peranan guru dalam meningkatkan kompetensi peserta didik antara lain yaitu guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing, model dan penasehat dalam meningkatkan kompetensi peserta didk. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom.
Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pulau Gorom dari tanggal 28 Oktober sampai tanggal 28 November 2021, subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang yaitu kepala sekolah, 1 guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan 4 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. 
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom, yaitu pertama peran guru sebagai pembimbing, mengarahkahkan peserta didik untuk melakukan ibadah shalat dan mengaji, melakukan pendekatan dengan peserta didik, kerjasama dengan guru mata pelajaran dan orang tua. Kedua sebagai model yaitu sebagai teladan dalam bertutur kata, bertindak dan berpakaian yang baik, sebagai model dalam bergaul di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Ketiga peran guru sebagai penasehat yaitu memberikann nasehat kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok, memberikan pernyataan kepada peserta didik yang telah melakukan kesalahan. Adapun faktor pendukung peran dalam meningkatkan peserta didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom yaitu motivasi guru, kerja sama antara guru dan pihak sekolah, kerja sama antara guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu fasilitas yang tidak memadai, kesadaran peserta didik dan pergaulan di lingkungan.</description><date>2021-04-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1702/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1702/2/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Loklomin, Bakia (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom Kecamatan Pulau Gorom. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>1702</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Loklomin, Bakia |
title |
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom Kecamatan Pulau Gorom |
publishDate |
2021 |
topic |
Pendidikan Agama Islam |
url |
http://repository.iainambon.ac.id/1702/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1702/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1702/ |
contents |
Guru merupakan pendidikan profesional dengan tugas utama profesi atau jabatan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru, peranan guru dalam meningkatkan kompetensi peserta didik antara lain yaitu guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing, model dan penasehat dalam meningkatkan kompetensi peserta didk. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom.
Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pulau Gorom dari tanggal 28 Oktober sampai tanggal 28 November 2021, subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang yaitu kepala sekolah, 1 guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan 4 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom, yaitu pertama peran guru sebagai pembimbing, mengarahkahkan peserta didik untuk melakukan ibadah shalat dan mengaji, melakukan pendekatan dengan peserta didik, kerjasama dengan guru mata pelajaran dan orang tua. Kedua sebagai model yaitu sebagai teladan dalam bertutur kata, bertindak dan berpakaian yang baik, sebagai model dalam bergaul di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Ketiga peran guru sebagai penasehat yaitu memberikann nasehat kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok, memberikan pernyataan kepada peserta didik yang telah melakukan kesalahan. Adapun faktor pendukung peran dalam meningkatkan peserta didik di SMA Negeri 4 Pulau Gorom yaitu motivasi guru, kerja sama antara guru dan pihak sekolah, kerja sama antara guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu fasilitas yang tidak memadai, kesadaran peserta didik dan pergaulan di lingkungan. |
id |
IOS6948.1702 |
institution |
IAIN AMBON |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
2158 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Ambon |
library_id |
2318 |
collection |
Repository IAIN Ambon |
repository_id |
6948 |
subject_area |
Pendidikan Islam/Agama Islam Da'wah/Dakwah Islam Syariah |
city |
KOTA AMBON |
province |
MALUKU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6948 |
first_indexed |
2022-11-05T12:25:48Z |
last_indexed |
2022-11-05T12:44:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1748660912161554432 |
score |
17.538404 |