Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Tentang Implementasi Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Waesala Kecamatan Wesala Kabupaten Seram Bagian Barat

Main Author: -, Salmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1700/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1700/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1700/
Daftar Isi:
  • Penilaian autentik (authentic assessment) adalah suatu proses pengumpulan, pelaporan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Waesala Kecamatan Waesala Kabupaten Seram Bagian Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 23 September sampai 23 Oktober 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui 3 tahap yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menujukkan bahwa guru mata pelajaran PAI sudah memahami teori penilaian autentik pada aspek pengetahuan di Kurikulum 2013 dengan cukup baik. Dalam perencanaan Guru PAI sudah membuat dokumen RPP. Sedangkan dalam proses penerapan penilaian autentik belum dilaksanakan secara maksimal, karena guru belum memhami secara komprehensif terkait dengan penilaian autentik.