Upaya Guru Mengatasi Minimnya Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Ambon Semester II Tahun Ajaran 2020/2021

Main Author: Kolly, Juljana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1693/1/BAB%20I.III.V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1693/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1693/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru mengatasi minimnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Ambon semester II Tahun Ajaran 2020/2021, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minimnya minat belajar peserta didik dan faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi minimnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Ambon semester II Tahun Ajaran 2020/2021, Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 November sampai 30 Desember 2020, bertempat di MTs. Hasyim Asy’ari Ambon, Jln Mujahidin Wara Desa Batu merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru al-Qur’an hadits dan 5 orang peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru mengatasi minimnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Ambon Semester II Tahun Ajaran 2020/2021 di antaranya, 1) Menumbuhkan motivasi peserta didik sebelum pembelajaran dimulai dengan cara mengaitkan materi dengan kejadian-kejadian yang terjadi, dan menceritakan kisah-kisah nabi atau kisah-kisah orang sukses, 2) Mengadakan ulangan atau tes berupa tes lisan dan tes tertulis,3) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, 4) Memberikan reward kepada peserta didik yang berhasil berupa pujian seperti kata baik sekali, tepat sekali, luar biasa,bagus sekali dan reward lain berupa gerakan gestural seperti ekspresi wajah (senyuman), gerakan tangan (acungan jempol), gerakan mendekati, dan sentuhan. Faktor penyebab minimnya minat belajar peserta didik di antaranya, terdapat dua faktor yang pertama faktor internal di antaranya: kebiasaan belajar peserta didik yang tidak teratur, minimnya minat membaca. Adapun faktor eksternal di antaranya: metode mengajar yang kurang menarik, motivasi orang tua yang kurang. Faktor penghambat upaya guru mengatasi minimnya minat belaja peserta didik diantarnya : kurangnya fasilitas belajar, kurangnya kesadaran dan kesiapan dari peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, dan daya serap peserta didik dalam memahami penjelasan guru.