Efektivitas Tata Tertib Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di MTs Muhammadiyah Nusa Puan Desa Buano Utara Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat
Main Author: | Hitimala, Hajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1689/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1689/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1689/ |
Daftar Isi:
- Efektifitas merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik dengan memanfaatkan sarana yang tersedia untuk memperoleh hasil belajar secara optimal. Efektivitas tata tertib merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target kuantitas maupun kualitas yang telah tercapai. Dalam proses pelaksanaan tata tertib di MTs Muhammadiyah Nusa Puan memuat berbagai kegiatan dan pelajaran baik yang dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas dan dengan berbagai macam metode, seperti metode ceramah, bercerita, diskusi, dan metode tugas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang Peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). efektivitas tata tertib dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan islam di MTs Muhammadiyah Nusa Puan sudah efektif. Sebagai bukti bahwa proses tata tertib pada nilai-nilai Islam itu efektif yaitu melalui, sarana dan media yang digunakan, serta sikap peserta didik dalam mempertanggungjawabkan nasehat yang diberikan oleh Guru. 2). faktor pendukung. (a. pendidik dalam menerapkan tata tertib sesuai dengan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan islam, b. pendidik, hampir semua dapat mengimplementasikan pada tata tertib yang sesuai, c. sarana dan prasarana, dibuktikan dengan lingkungan sekolah pada tata tertib), 3) faktor internal: (a. faktor internal dari peserta didik yang beberapa orang memahami tata tertib dengan baik, b. faktor external, dari lingkungan maupun masyarakat).