Student's thinking path in mathematics problem-solving referring to the construction of reflective abstraction
Main Author: | Sopamena, Patma |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
BETA
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1506/1/Student%27s%20thinking%20path%20in%20mathematics%20problem-solving%20referring%20to%20the%20construction%20of%20reflective%20abstraction.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1506/ |
Daftar Isi:
- Artikel ini merupakan bagian dari penelitian yang bertujuan mengungkap jalur berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan konstruksi abstraksi reflektif. Abstraksi reflektif merupakan proses berpikir individu dalam membangun struktur logika (struktur matematis logis) melalui interiorisasi, koordinasi, enkapsulasi, dan generalisasi. Artikel ini akan menganalisis seorang mahasiswa yang memiliki jalur berpikir tertutup sederhan, salah satu dari dua jalur berpikir yang terungkap dalam penelitian, dalam menyelesaikan permasalahan limit. Proses berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan konstruksi abstraksi reflektif dapat terjadi melalui jalur interiorisasi – koordinasi – enkapsulasi – generalisasi kemudian ke koordinasi – enkapsulasi – generalisasi. Hasil penelitian ini memberikan alternatif dalam memahami dan merancang aktivitas pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika.