Peran Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Pada Metode Pembelajaran Daring pada di MTs Nurul Ikhlas Ambon

Main Author: Assel, Muhammad Khairan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1325/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1325/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1325/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Peran guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada metode pembelajaran daring di MTs Nurul Ikhlas Ambon. 2) Faktor pendukung dan penghambat peran guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada metode pembelajaran daring di MTs Nurul Ikhlas Ambon. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data yang terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan, dan penelitian ini dilangsungkan dari tanggal 19 Februari sampai 19 Maret 2021 Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Guru Mata Pelajaran Fiqih tetap berperan dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada metode pembelajaran daring di MTs Nurul Ikhlas Ambon, akan tetapi masih kurang kreatif karena hanya menggunakan media aplikasi Whatsapp, dan tidak menggunakan media aplikasi yang lebih efektif seperti Zoom atau Google Meet. Peran Guru Mata Pelajaran Fiqih diantaranya : a) Sebagai tenaga pengajar, b) sebagai pengelola kelas, c) Sebagai innovator, d) Sebagai motivator. 2) Faktor pendukung peran guru mata pelajaran Fiqih yaitu, menggunakan sarana prasarana yang disiapkan oleh pihak Madrasah dan Mengolaborasi antara pembelajaran daring dan luring. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya minat belajar siswa dalam proses pembelajaran daring dan siswa kurang memahami materi pelajaran.